Jangan Samakan Desainer Logo dengan Tukang Desain Percetakan
Agustriana.my.id

Blog, Design, Logo,


Tukang desain, sering kali disalah artikan bahwa tukang desain itu sering kali disematkan pada seorang graphic designer atau brand designer bahkan motion dan web designer pun tak luput dari sematan seorang yang bernama "Tukang Desain" ini.

Sedihnya, sebutan Tukang Desain ini juga tak luput dari sematan pada seorang operator desain yang bekerja di media percetakan. Seorang graphic designer yang terbiasa melakukan pekerjaan membuat desain logo, banner dan desain digital lainnya sering disebut Tukang Desain. Walau memang ya bisa disebut tukang desain juga sih. Hanya saja, sebutan tersebut ternyata menyama ratakan pekerjaan dengan tukang desain dari operator desain percetakan dengan desainer digital dan lainnya.

Seorang pekerja desainer dituntut pekerjaannya membuat aset digital dengan mendesain seoriginal mungkin dan tentunya harus menarik dimata pelanggannya. Berbeda dengan seorang operator desain percetakan, dia bekerja dituntut agar membuat sebuah desain untuk dicetak, tidak peduli itu hasilnya original atau tidak yang penting dicetak dan diberikan kepada pelanggan.

Penghasilan dari seorang desainer itu sangat tinggi sekali dan biasanya mereka bekerja untuk sebuah perusahaan besar ternama dan tentunya juga untuk menjadi pekerja diperusahaan besar sang desainer harus memiliki lisensi dan kemampuan mendesain yang jelas dan terasah sebagai tumpuan hal yang sangat dibutuhkan pada perusahaan tersebut.

Beda halnya penghasilan dari seorang operator desain percetakan, Biasanya pekerja dari seorang operator desain percetakan ini tidak dituntut lebih atas kemampuannya, bahkan kualifikasi memiliki kemampuan dasar memegang komputer saja sudah sangat cukup.

Maka dari itu, membandingkan hasil karya dari seorang tukang logo desainer dan operator desain percetakan itu sangat bodoh sekali dan tidak patut untuk disandingkan dari keduanya karna memang sangat jauh berbeda dan memiliki kualifikasi pekerjaan yang sangat berbeda.

Namun karna sematan Tukang Desain yang dituju merata pada semua pekerjaan mendesain, banyak orang yang salah paham dan mengartikan kedua pekerjaan itu sama. Padahal sangat beda, bagaikan langit dan bumi.

Diatas hanya persepsi diri pribadi saya, jadi jika ada kesalahan dalam penulisan atau pernyataan mohon untuk dimaafkan atas kesalahannya. Terima kasih
Comments