Kontes Desain, Meningkatkan kemampuan dari kompetisi

Blog , Design , Sayembara
Kontes Desain, Meningkatkan kemampuan dari kompetisi

Halo semuanya, Lagi lagi dan kembali lagi bersama saya agus triana seorang dan hanya satu-satunya admin di blog yang tidak jelas ini.

Sebagai freelancer atau bahasa gaulnya pengangguran premium yang kerjanya duduk manis didepan komputer terus menerus berharap diberanda ada satu atau dua orang yang menulis statusnya yaitu "Dibutuhkan desain blablabla.." dan langsung saja gercep banget berkomentar dengan mengirimkan penawaran beserta portofolionya.

Saya yang seorang freelancer tulen yang setiap harinya mengeruk pundi-pundi dollar dari kepolosan sosok manusia untuk membeli hasil karya saya yang katanya sebagian orang cuma bikin gitu ajah kok bisa mahal ? Bajingan kau, sini palamu ku cium kau dengan power supply pcku.

Tak hanya mengeblog dan ngefreelance, kadang juga saya menyempatkan waktu kosong saya untuk mengikuti sayembara desain logo di website-website penyedia kontes seperti 99design dan sejenisnya. Mengikuti kontes banyak sekali tantangan dan kesulitan yang harus diterima kontestan agar logo tersebut layak untuk naik di podium kemenangan. Terkadang memang ada benarnya juga dengan statemen "Sebagus-bagusnya desain pasti ada yang tidak suka, dan sejelek-jeleknya desain pasti ada juga yang malah suka".

Namun jika anda mengikuti sayembara desain, kata mutiara yang akan terus kamu ucapkan adalah "Sebagus-bagusnya desain adalah yang disuka contes holder dan menang contes".

Adalah logo yang bagus dan benar adalah logo yang mendapatkan penilaian bagus saat kontes desain berlangsung, apalagi sampai memenangkan juaranya. Dan inilah pelajaran dan pengalaman yang akan kita dapatkan ketika mengikuti sebuah sayembara desain di ranah website kontes desain.

Ada beberapa point yang bisa jadi tumpuan buat kamu belajar sembari berkompetisi, yang mana point-point tersebut bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam menerima briefing dan mengolah briefing menjadi ide yang kemudian di realisasikan menjadi sebuah karya desain yang berharga.

1. Meningkatkan Pengolahan Briefing dan Brainstorming

Salah satu point yang sangat penting dari sebuah kempetisi yang kamu ikuti adalah yaitu meningkatkan pengolahan briefing agar menjadi ide dari desain logo yang akan dibuat. Dengan kita mengikuti sayembara desain dimanapun dan membaca intruksi briefing agar bisa memberi petunjuk desain yang harus dibuat dan tentunya agar bisa memenangkan kejuaraan adalah hal utama yang harus kita perhatikan dan tanpa kita sadari ternyata hal ini tenyata bisa meningkatkan sensor daya pikir kita agar bisa mengolah briefing yang telah diberikan penyelenggara agar menjadi sebuah desain yang layak dan sesuai dengan apa yang klien inginkan.

Pada setiap kontes, briefing yang diberikan oleh pengelenggara atau klien sangatlah berbeda-beda dan respon dari mereka pun juga berbeda-beda. Sehingga kita diberi tantangan oleh mereka agar kita bisa membuat desain sesuai dengan briefing yang mereka berikan.

Pada poin ini juga kamu akan mempelajari beberapa hal seperti:
  • Mengenali karakter klien
    Disini kamu akan belajar mengenali sifat setiap kliennya, dimana kamu juga akan belajar bagaimana untuk merespon sifat mereka dan menerima konsultasi mereka sebagai perpindahan sebuah ide dari otak sang klien kepada anda sebagai designer agar menjadi karya.
  • Mengenali konsep desain yang disukai klien
    Revisi terkadang membuat risih kita dan membuat kita merasa minder jika, namun revisi ini juga dapat mengasaha kemampuan kamu dalam menentukan sebuah konsep yang disukai klien dan yang tidak disukai oleh klien.
  • Perbandingan Dengan Desain Yang sudah ada / Atau desain milik Kompetitor
    Memperbandingkan konsep desain yang akan dibuat dengan milik desain dari kompetitor yang sudah ada. Sebagai tumpuan agar kita bisa belajar bahwa logo bisa menjadi daya saing dari pada branding tersebut agar bisa membuat sebuah emosional kepada calon pembeli/pelanggan dari brand tersebut agar bisa meyakinkan dan beralih dari kompetitornya.
  • Menyesuaikan Tema / Niche pada Brand
    Setiap logo yang akan dibuat pastilah memiliki sebuah tema atau niche dari branding tersebut, hal inilah akan membantu kita dengan mudah mengenali setiap konsep desain logo sesuai dengan karakter dari tema atau niche brandingnya tersebut.

2. Meningkatkan Kemampuan Desain Berkelas

Dengan mengikuti ajang kontes desain yang terus menerus, dapat meningkatkan kemampuan dari seorang desainer agar lebih mengetahui berbagai macam jenis desain logo sekaligus menjadikannya lebih berkelas dengan banyaknya portofolio yang telah dibuat.

Sudah saya buktikan sendiri, dulu awal membuka jasa desain. Saya mematok harga yang tidak lebih dari 100 ribu rupiah dengan kualitas ya memang seadanya karna masih dalam tahapan belajar.

Setelah diberi tahu teman untuk mengikuti kontes desain dan terus berjuang dengan beragam jenis logo kontes yang telah dibuat. 

Kemampuan desain saya semakin berkembang dan semakin mahal pula biaya jasa yang saya patok dan mahalnya biaya tersebut. Membuktikan bahwa saya tidak hanya memberikan pelayanan pembuatan jasa desain sehari atau beberapa hari.

Namun, dengan harga tersebut saya memberikan pelayanan yang telah saya asah selama bertahun-tahun dengan kualitas yang disempurnakan dan di sesuaikan dengan harganya.

3. Meningkatkan kemampuan marketing

Selain meningkatkan kemampuan dalam mendesain, kemampuan anda dalam memasarkan jasa atau produk bisa meningkat seiring berjalannya waktu anda mengikuti sayembara.

Dengan mengikuti sayembara, anda secara tidak langsung berhadapan dengan calon klien yang akan membeli jasa anda.

Bedanya, anda dituntut untuk memberikan sebuah karya yang sangat klien anda butuhkan untuk produk atau branding mereka. Sehingga contes holder juga akan melihat kemampuan anda dalam mempresentasikan hasil tersebut dapat menarik mata sang contes holder atau tidak.

Dan dengan banyak peserta yang mengikuti sayembara tersebut, anda harus serius bersaing dengan mereka dan harus memiliki strategi untuk bisa mendapatkan posisi pertama pada sayembara tersebut.

Oleh sebab itu pada sayembara desain ini, anda tidak hanya dituntut kemampuan desain saja. Namun, kemampuan marketing untuk bisa mempresentasikan desain harus dimiliki juga agar bisa memenangkan sayembaranya.

Nah itu saja beberapa alasan kenapa sayembara desain logo, ternyata bisa meningkatkan kemampuan kamu sebagai freelancer.

Mungkin masih ada hal lain yang tidak disebutkan atau bisa jadi malah setiap orang memiliki pendapat masing-masing ketika mengikuti sayembara desain logo.

Kalo pengalaman kamu ketika mengikuti sayembara desain, apa saja ? Yuk tulis dikolom komentar jika kamu pengalaman dan pengetahuan lainnya.
Trustpilot
Ke Atas